lifeworksgestaltl1

Rabu, 18 Maret 2015

Case #48 - Penyihir, uang, dan penyakit

Song-li mengalami masalah kesehatan yang serius sepanjang tahun lalu. Setelah beberapa kali operasi, tidak banyak perubahan secara fisik yang terjadi, dan meskipun keadaannya sempat membaik, pada akhirnya keadaan justru memburuk kembali. Jadi aspek psikologis adalah hal yang perlu dijelaskan berikutnya. Dia sudah mengikuti berbagai macam terapi.. jadi saya berhati-hati agar terapi yang sama tidak terulang, dan saya bertanya pada secara langsung apa yang sudah pernah ia bahas. Tidak baik untuk melakukan berbagai macam pendekatan sekaligus dalam waktu yang sama, dan masalah ini membutuhkan pertimbangan secara profesional dan penuh kehati-hatian.
Jika anda pergi ke dokter, itu mungkin akan membantu anda mendapatkan opini tambahan, tapi mungkin tidak terlalu banyak - karena terlalu banyak opini akan membuat anda bingung.Tetap bekerja pada isu yang sama, dengan ahli terapi yang sama bisa menghasilkan suatu pembahasan yang mendalam, tapi 'berkeliling terlalu banyak' dapat menjadi tindakan yang kontra produktif. Jadi saya tidak ingin masuk begitu saja ke dalam masalah ini.
Saya bertanya tentang konteks - apa yang terjadi setahun yang lalu ketika dia pertama kali mengalami masalah kesehatan tersebut. Dia mengaitkan bagaimana dia membeli sejumlah kertas uang yang digunakan di Cina untuk dibakar, sebagai kegiatan untuk mengenang seseorang yang telah meninggal. Ayahnya meninggal 5 tahun sebelumnya, dan dia membeli kertas tersebut untuk mengenang ayahnya.
Ketika dia membeli kertas tersebut seorang 'penyihir' (begitu dia menyebutnya) memperingatkan dia untuk tidak membeli kertas tersebut terlalu banyak atau dia akan jatuh sakit. Dia segera mengembalikan kertas yang ia beli tersebut, tapi tidak bisa.
Tidak lama kemudian, dia jatuh sakit.
Saya bertanya tentang hubungannya dengan ayahnya. Hubungan mereka dekat, baik, dan dia terus memikirkan ayahnya setiap hari, terkadang ia juga sering mengaitkan ayahnya itu dengan elemen dalam kehidupannya, misalnya anaknya.
Mengetahui keadaan dalam kehidupan seseorang bisa menjadi hal yang penting, daripada hanya langsung masuk ke dalam isu emosional. Konteks dapat menyediakan informasi penting yang bisa membantu menentukan arah dalam terapi.
Jadi saya bertanya seberapa sering dia memikirkan sesuatu - setelah 5 tahun, saya berpikir kalau dia bisa sedikit fokus pada hal tersebut, dan menunjukkan beberapa masalah yang belum terselesaikan.
Dia benar-benar tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut, atau bahkan benar-benar mengetahui perasaannya ketika sedang memikirkan ayahnya, meskipun tampaknya itu bisa menjadi hal positif.
Dalam sesi berikutnya ada kemungkinan untuk masuk lebih dalam menuju kesadarannya, tapi mengingat masih ada hal yang kurang jelas, saya tidak hanya akan menyelidiki, melainkan tinggal dengan masalah yang dibawanya. Dalam Gestalt, ini merupakan salah satu cara di mana kami tidak memaksa masuk melalui 'penolakan'.
Jadi saya duduk beberapa saat, memikirkan apa yang ia katakan.
Saya ingin menggunakan struktur yang sudah dia miliki - kertas uang, penyihir, dan kebiasaannya memikirkan ayahnya yang hampir menjadi obsesi.
Jadi saya mengajukan beberapa tugas untuknya - sebuah eksperimen Gestalt yang diperluas.
Saya menyarankannya membeli selembar kertas uang seperti yang dia katakan tadi. Saya mencari informasi, dan dia memiliki foto ayahnya di dalam komputernya. Jadi saya mengatakan padanya bahwa setiap hari, pada waktu yang sama, dia bisa menggunakan gunting memotong sebagian kecil dari kertas uang tersebut, membakarnya, menyalakan komputer untuk melihat foto ayahnya, lalu meminta berkat, kemudian menutup gambar tersebut.
Dalam konsep terapi singkat ini dikenal sebagai 'membuat resep untuk gejala', dan hal ini berkaitan dengan Gestalt pada bagian' teori melawan asas perubahan'.
Dia menginginkan lebih - jelas bahwa dia merasa gelisah dan terus mencari sejumlah terapi berkaitan dengan hal ini, begitu juga dengan apa yang dikatakan oleh penyihir - contohnya, jangan terlalu rakus akan sesuatu yang berharga - seperti uang.
Namun demikian, saya mencatat kegelisahannya sebagai hal yang akan dipertimbangkan untuk ke depannya.
Dia sedang mengambil cuti karena sakit, jadi saya bertanya bagaimana dia menjalani hari-harinya. Dia berada di rumah, dan menghabiskan waktu 8 jam untuk memasak, beristirahat, dan berjalan-jalan.
Saya bertanya apakah ada masalah sosial yang penting baginya, dan dia menjawab tidak.
Jadi saya menyarankannya mencari proyek layanan yang dia sukai untuk dilakukan, dan menjalankan proyek tersebut atas nama ayahnya.
Hal ini mengubah simbolisme tentang ayahnya, di mana hal tersebut menjadi batu loncatan untuk meneruskan hidup dan juga komitmen, dan tentu saja itu lebih baik daripada tenggelam dalam kesakitan, kematian, dan perpisahan. Saya juga memberikannya sejumlah hal yang positif agar dia bisa fokus sepanjang hari - sesuatu yang penting untuk 'melanjutkan hidup'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Who is this blog for?

These case examples are for therapists, students and those working in the helping professions. The purpose is to show how the Gestalt approach works in practice, linking theory with clinical challenges.

Because this is aimed at a professional audience, the blog is available by subscription. Please enter your email address to receive free blog updates every time a new entry is added.

Gestalt therapy sessions

For personal therapy with me: www.qualityonlinetherapy.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Bahasa:

HOME

Informed Consent & Rates

Gestalt Therapy Defined

PAYMENTS

OTHER STUFF

Links

Book:Advice for Men about Women

BLOGS

English

Bahasa

Čeština

Deutsch

Español

Français

Greek ελληνικά

Hindi हिंदी

Magyar

Melayu

Italiano

Korean한국의

Polski

Português

Română

Russian Русский

Serbian српски

Chinese 中文

Japanese 日本語

Arabic العربية

English Bahasa České Deutsch Español Filipino Français ελληνικά हिंदी Magyar Melayu Italiano 한국의 Polski Português Română Русский српски 中文 日本語 العربية

If you are interested in following my travels/adventures in the course of my teaching work around the world, feel free to follow my Facebook Page!

Can you translate into Bahasa? I am looking for volunteers who would like to continue to make this translation available. Please contact me if you are interested.

vinaysmile

This Gestalt therapy blog is translated into multiple languages. You are welcome to subscribe

logosm1

Interested in Gestalt Therapy training?

Contact Us

Links

Career Decision Coaching

Here

and here

Lifeworks

Gestalt training and much more

http://www.depth.net.au

For Men

Here is a dedicated site for my book Understanding the Woman in Your Life

http://www.manlovesawoman.com

The Unvirtues

A site dedicated to this novel approach to the dynamics of self interest in relationship

http://www.unvirtues.com

Learn Gestalt

A site with Gestalt training professional development videos, available for CE points

http://www.learngestalt.com

We help people live more authentically

Want more? See the Archives column here

Gestalt therapy demonstration sessions

Touching pain and anger: https://youtu.be/3r-lsBhfzqY (40m)

Permission to feel: https://youtu.be/2rSNpLBAqj0 (54m)

Marriage after 50: https://youtu.be/JRb1mhmtIVQ (1h 17m)

Serafina - Angel wings: https://youtu.be/iY_FeviFRGQ (45m)

Barb Wire Tattoo: https://youtu.be/WlA9Xfgv6NM (37m)

A natural empath; vibrating with joy: https://youtu.be/tZCHRUrjJ7Y (39m)

Dealing with a metal spider: https://youtu.be/3Z9905IhYBA (51m)

Interactive group: https://youtu.be/G0DVb81X2tY (1h 57m)