lifeworksgestaltl1

Jumat, 08 Agustus 2014

Case #28 - Celana yang berbicara

Nancy menutupi semua masalahnya. Dia merasa adanya kesenjangan antara menjadi seseorang yang otentik, dan kepribadiannya. Dia punya seorang anak dari pernikahan pertamanya; terdapat sejumlah kecil substansi nyata dalam suatu hubungan.
Dia membahas pernikahan keduanya, di mana dia melakukan beberapa aborsi, lalu suaminya menginginkan anak lagi, tapi dia sendiri tidak menginginkannya. Dia bilang kalau dia merasa bahagia bersama suami keduanya, tapi terkadang dia datang ke terapi ini tanpa sepengetahuan suaminya. Dia bilang kalau secara fisik dia tidak begitu kuat, dan ingin merubah hal ini.
Saya menunjukkan kalau sebuah masalah yang tidak diselesaikan akan menimbulkan masalah lain, dan jika seperti itu anda tidak akan bisa fokus pada suatu masalah. Faktanya, dia mengatakan kalau ahli terapi yang lain akan kesulitan mengatasi masalahnya.
Saya bertanya apa yang dia inginkan dari saya: 'diselamatkan' dia bilang. Saya menjelaskan bahwa ada bagian dari diri saya yang ingin menyelamatkannya, tapi sejauh ini tidak berjalan lancar; dan bagian diri saya yang lain ingin menguatkan hatinya, tapi itu juga tidak berjalan dengan lancar.
Pada awal sesi saya memperhatikan celananya - penuh warna dengan desain yang kompleks. Beberapa kali saya memperhatikannya. Saya juga memperhatikan mulutnya - dia menunjukkan berbagai macam ekspresi, dan sering menggigit bibirnya, atau menunjukkan giginya.
Saya mengatakan kedua hal tersebut padanya. Dia menggerakkan mulutnya secara tidak sadar dan tidak memperhatikan celana yang dikenakannya.
Setelah berdiskusi lebih lanjut, saya kembali membahas tentang celananya, dan menyarakan untuk mencari tahu apakah hal tersebut bisa membantu memperjelas masalah yang sedang dihadapinya.
Saya bertanya aspek seperti apa yang sangat dia sukai dari celananya itu. Dia menunjuk bagian kecil di sekitar pergelangan kaki, dan menunjuk pada tiga warna yang berbeda yang ada di celananya, kemudian mengatakan kalau warna-warna itu menggambarkan kehangatan dan kedinginan.
Jadi saya memintanya untuk berperan sebagai warna-warna tersebut, dan mendeskripsikan dirinya. Dia berbicara tentang kehangatan, warna yang cerah, sikap antusias dan cahaya yang muncul dari dirinya. Lalu berbicara tentang sikap dingin, yang merefleksikan dirinya yang suka menyendiri. Lalu kebekuan, perhitungan, dan kepribadian yang rasional.
Saya memberi respon setiap dia mengatakan sesuatu. Saat sampai pada bagian akhir, dia bereaksi dengan cepat, dan bilang kalau bagian ini tidaklah baik, kemudian menyalahkan dirinya sendiri.
Hal ini membuatnya sadar kalau ada banyak hal yang seharusnya dilakukan, yang akan menyebabkan masalah. Saya bertanya dari mana hal itu datang - dia bilang dari ibunya. Jadi kami menyediakan sandaran untuk ibunya, dan kemudian dia berbicara pada ibunya, tidak hanya menyatakan hubungannya saja, tapi juga memberitahu batasan tentang hal-hal yang seharusnya dilakukan.
Lalu muncul mantan ibu mertuanya, yang dalam beberapa hal terus bersikap idealis. Saya memintanya untuk menempatkan ibu mertuanya itu di atas sandaran yang saya berikan tadi, dan sekali lagi, dia tidak hanya menyatakan hubungannya, tapi juga batasan dirinya.
Saya kembali pada salah satu bagian dari dirinya, bagian yang merasakan kebekuan, dan mencoba untuk memastikannya. Setiap dia ingin melepaskan kebekuan tersebut, saya bertanya apakah dia akan membiarkan hal itu mengatur dirinya, dan dia menjawab 'tidak'.
Akhirnya, dia bisa mendengarkan saya, karena saya bercerita tentang diri saya sendiri. Saya mengatakan padanya ketika saya sedang sibuk, atau merasa tenang, saya bisa merasa nyaman bersama dengan bagian dari dirinya tersebut. Atau jika dikaitkan dengan bagian dari diri saya yang mungkin mengalami kebekuan, tidak akan ada masalah. Tapi ketika dalam keadaan rentan, saya bisa saja mengalami masalah karena hal tersebut.
Dia bisa mendengar saya meskipun tanpa kontrak, dan mampu menarik perhatian saya. Dia bilang 'tapi ini adalah bagian yang ingin saya rubah, karena jika tidak, hal ini akan berdampak buruk pada orang lain'. Saya menjawab 'saya lebih tertarik dengan pengakuan anda bahwa ini adalah bagian yang sesungguhnya dari diri anda, dan saat anda berada pada posisi seperti itu - itulah yang membuat saya merasa aman bersama anda'.
Dia memahami kalau ini bukanlah menyangkut cara untung menghilangkan bagian dirinya tersebut, atau bahkan membentuk ulang bagian tersebut, tapi lebih kepada pengakuan akan keberadaan bagian tersebut.
Pada sesi ini, mengawalinya adalah hal yang sulit. Setiap kali dia mulai memberikan gambaran yang jelas tentang masalahnya, gambaran yang diberikannya terus berubah-ubah. Hal seperti ini layak mendapat perhatian. Saya memilih untuk tidak terfokus pada hal itu. Saya sedikit bermain dengan kemungkinan akan datangnya 'seorang penyelamat', tapi memutuskan untuk tidak melanjutkannya, karena sekali lagi, itu percuma saja.
Jadi daripada terus-terusan bermain 'kucing dan tikus', saya kembali pada gambaran yang saya anggap penting - yaitu celana. Fakta bahwa dia tidak terlalu memperhatikan celananya bisa membantu kita menemukan sesuatu di dalamnya, meskipun dia mungkin akan menolaknya. Dia sudah bisa mengenali ketiga bagian penting dari dirinya.
Lalu saya mengamati ketiga bagian tersebut dan perannya dalam suatu hubungan - saya juga memberi respon pada masing-masing dari mereka.
Penolakannya untuk bagian yang ketiga muncul, dan itu berarti ada pekerjaan yang harus diselesaikan: yaitu yang berkaitan dengan keharusan(hal yang sebaiknya dilakukan), dan sumber masalah.
Setelah masalah selesai, sekarang dia sudah bisa membawa bagian-bagian tersebut ke dalam hubungannya dengan saya, dan juga dengan dirinya sendiri.
Hasil yang ingin kami capai dalam proses Gestalt : Penggabungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Who is this blog for?

These case examples are for therapists, students and those working in the helping professions. The purpose is to show how the Gestalt approach works in practice, linking theory with clinical challenges.

Because this is aimed at a professional audience, the blog is available by subscription. Please enter your email address to receive free blog updates every time a new entry is added.

Gestalt therapy sessions

For personal therapy with me: www.qualityonlinetherapy.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Bahasa:

HOME

Informed Consent & Rates

Gestalt Therapy Defined

PAYMENTS

OTHER STUFF

Links

Book:Advice for Men about Women

BLOGS

English

Bahasa

Čeština

Deutsch

Español

Français

Greek ελληνικά

Hindi हिंदी

Magyar

Melayu

Italiano

Korean한국의

Polski

Português

Română

Russian Русский

Serbian српски

Chinese 中文

Japanese 日本語

Arabic العربية

English Bahasa České Deutsch Español Filipino Français ελληνικά हिंदी Magyar Melayu Italiano 한국의 Polski Português Română Русский српски 中文 日本語 العربية

If you are interested in following my travels/adventures in the course of my teaching work around the world, feel free to follow my Facebook Page!

Can you translate into Bahasa? I am looking for volunteers who would like to continue to make this translation available. Please contact me if you are interested.

vinaysmile

This Gestalt therapy blog is translated into multiple languages. You are welcome to subscribe

logosm1

Interested in Gestalt Therapy training?

Contact Us

Links

Career Decision Coaching

Here

and here

Lifeworks

Gestalt training and much more

http://www.depth.net.au

For Men

Here is a dedicated site for my book Understanding the Woman in Your Life

http://www.manlovesawoman.com

The Unvirtues

A site dedicated to this novel approach to the dynamics of self interest in relationship

http://www.unvirtues.com

Learn Gestalt

A site with Gestalt training professional development videos, available for CE points

http://www.learngestalt.com

We help people live more authentically

Want more? See the Archives column here

Gestalt therapy demonstration sessions

Touching pain and anger: https://youtu.be/3r-lsBhfzqY (40m)

Permission to feel: https://youtu.be/2rSNpLBAqj0 (54m)

Marriage after 50: https://youtu.be/JRb1mhmtIVQ (1h 17m)

Serafina - Angel wings: https://youtu.be/iY_FeviFRGQ (45m)

Barb Wire Tattoo: https://youtu.be/WlA9Xfgv6NM (37m)

A natural empath; vibrating with joy: https://youtu.be/tZCHRUrjJ7Y (39m)

Dealing with a metal spider: https://youtu.be/3Z9905IhYBA (51m)

Interactive group: https://youtu.be/G0DVb81X2tY (1h 57m)