lifeworksgestaltl1

Kamis, 27 November 2014

Case #36 - Wanita yang tidak merasakan apa-apa

Brenda mengatakan kalau dia tidak memiliki identitas diri yang jelas - dia mudah hilang kendali, dan terlalu ingin tahu tentang identitas orang lain.
Dia juga bilang kalau dia pemalu, tidak suka difoto atau menjadi perhatian banyak orang.
Semua hal tersebut adalah indikasi  perlunya melangkah ke depan dengan hati-hati, dan waspada terhadap isu memalukan yang potensial.
Saya membiarkannya tahu bahwa saya bisa saja tidak menyelidiki dirinya lebih jauh lagi dan itu tidak akan menjadi masalah bagi saya daripada merasa bahwa dia tidak punya masalah.
Saya menunjukkan bahwa kita berada di depan sekelompok orang, dan saya bertanya apa yang dia rasakan. Dia bilang kalau mereka melihat ke arahnya, tapi dia tidak merasa kalau dia sedang diperhatikan. Saya bertanya apakah itu karena orang-orang tersebut memiliki pengetahuan terbatas tentang dirinya, atau karena dia yang bersembunyi dari mereka. Dia bilang keduanya.
Hal ini membantu saya menciptakan kerangka dinamika hubungan. Jadi saya mengembalikan hal tersebut padanya dan saya - saya melihat ke arahnya, tapi dia juga bersembunyi dari saya. Dia bilang ya, dia memang selalu bersembunyi dari siapapun.
Ini tentu saja menghasilkan sebuah jalan buntu dalam hubungan - sebuah bagian yang sangat ingin dilihatnya, tapi kemudian bagian yang lainnya yang tidak membiarkannya melihat bagian tersebut. Ini adalah sebuah peringatan yang harus saya pertimbangkan dengan benar, atau saya akan mudah frustasi dan terjebak dalam dinamika ini.
Jadi daripada menyelidiki, saya memberitahu padanya hal-hal tentang dirinya yang sudah dia ungkapkan pada saya - bagian-bagian dari informasi pribadi yang dia bagi. Saya juga mengatakan apa yang saya lihat dari dirinya - misalnya warna baju yang dia pakai.
Ini menciptakan sejumlah dasar hubungan di antara kami, tanpa perlu bertanya lebih lanjut padanya, di mana hal ini mengindikasikan bahwa saya mengerti dengan apa yang dia bagi pada saya dan apa yang dia sediakan. Dalam kasus tentang sifat pemalu sangat penting untuk membagi sesuatu yang dimiliki oleh seseorang, daripada menyelidiki orang lain terlalu dalam.
Namun, matanya berkaca-kaca, dan dia mengatakan kalau dia hanyut dalam keadaan ini. Ini menunjukkan bahwa kontak yang terjadi sudah terlalu berlebihan. Jadi saya bertanya sejauh apa dia hanyut.. dia bilang dia hanyut sangat jatuh ke masa lalu.
Ini menjadi indikasi akan sebuah pemisahan diri, dan bahwa yang menjadi hal paling utama di sini adalah keamanan.
Faktanya, saya mengusulkan dia bisa hanyut ke dalam suatu khayalan, dan saya bisa melakukan hal yang sama, dan saya bisa mengajak setiap orang yang ada dalam kelompok untuk ikut dengan saya, dan dengan begitu baik saya, dia dan juga orang-orang tersebut bisa duduk bersama, dalam khayalan yang sama.
Usulan ini menciptakan momentum pada dirinya, dan mendorongnya untuk terus maju. Dalam Gestalt ini disebut sebagai 'teori melawan asas perubahan' - di mana anda bersandar dengan apa yang telah ada.
Dia bilang 'Saya tidak merasakan apa-apa'.
Dengan kata lain, dia sudah benar-benar memisahkan diri. Dalam kondisi seperti ini, hanya apa beberapa jenis kontak yang bisa dilakukan.
Saya bertanya jenis dukungan seperti apa yang dia butuhkan, agar merasa lebih aman. Dia bilang - saya tidak ingin dilihat oleh orang lain.
Jadi saya mengatakan padanya kalau saya tidak akan melihatnya, dan pada waktu yang sama, saya membagi kesedihan saya - karena saya tidak akan melihatnya sama sekali, juga tidak mencoba melihatnya, sehingga dia tidak perlu bersembunyi lagi. Saya bilang padanya saya bisa merasakan kehangatan darinya, tapi tidak bisa menemukan jalan untuk menggapai dirinya.
Brenda melihat ke arah saya dan mengatakan 'saya tidak ingin menerima dukungan'.
Ini adalah sebuah wahyu yang memberikan saya petunjuk bagaimana meneruskan terapi ini.
Saya mengusulkan sebuah eksperimen - dia mengangkat kedua tangannya - tangan yang satu akan mendorong untuk menjauhkan orang lain, dan tangan yang lainnya akan menerima dukungan.
Kami melakukan ini dan dia bisa menerima dukungan dari saya - perlahan saya mendekatkan tangan saya ke tangannya yang akan menerima dukungan dan menggenggamnya.
Dia lalu mengatakan bahwa ada sebuah 'kekuatan' yang mengatakan padanya untuk tidak merasakan kekuatan tersebut. Saya meminta seseorang untuk berdiri di depan kami, sebagai representasi kekuatan tersebut. Dia tidak bisa mengidentifikasi siapa yang merepresentasikan kekuatan tersebut, di mana itu tidak menjadi masalah.
Jadi saya memintanya untuk membuat pernyataan pada kekuatan tersebut. Dia bilang 'saya akan mendengarkanmu ketika apa yang kau katakan itu berguna bagi saya, dan di sisi lain, saya akan membiarkan diri saya merasakan dukungan'.
Ini adalah sebuah pernyataan tentang perbedaan dan penyatuan.
Dia mampu membuat dirinya merasakan dan menerima dukungan, terlibat dan dipandang dalam hubungan, dan merasa kalau dia punya banyak pilihan.
Proses ini berjalan lambat, dan saya perlu menghargai batasan-batasan yang dimilikinya, tidak menyelidiki terlalu banyak informasi secara detail, bahkan termasuk informasi tentang apa yang dia rasakan.. namun juga mengharuskan saya untuk tidak menyerah. Biasanya orang-orang bereaksi pada seseorang yang menciptakan batas-batas pribadi - baik itu menarik diri, bertemu dalam sebuah jalan yang tidak saling terhubung, atau terlalu tertarik pada orang tersebut atau bahkan terlalu baik padanya. Apa yang dibutuhkan adalah sebuah netralitas, dengan kehangatan yang cukup, tapi tidak terlalu banyak, ketertarikan yang cukup, tapi tidak terlalu banyak - ini disebut penyesuaian, dan itulah inti dari sebuah keterampilan dalam mengatasi suatu masalah berkaitan dengan hubungan.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Who is this blog for?

These case examples are for therapists, students and those working in the helping professions. The purpose is to show how the Gestalt approach works in practice, linking theory with clinical challenges.

Because this is aimed at a professional audience, the blog is available by subscription. Please enter your email address to receive free blog updates every time a new entry is added.

Gestalt therapy sessions

For personal therapy with me: www.qualityonlinetherapy.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Bahasa:

HOME

Informed Consent & Rates

Gestalt Therapy Defined

PAYMENTS

OTHER STUFF

Links

Book:Advice for Men about Women

BLOGS

English

Bahasa

Čeština

Deutsch

Español

Français

Greek ελληνικά

Hindi हिंदी

Magyar

Melayu

Italiano

Korean한국의

Polski

Português

Română

Russian Русский

Serbian српски

Chinese 中文

Japanese 日本語

Arabic العربية

English Bahasa České Deutsch Español Filipino Français ελληνικά हिंदी Magyar Melayu Italiano 한국의 Polski Português Română Русский српски 中文 日本語 العربية

If you are interested in following my travels/adventures in the course of my teaching work around the world, feel free to follow my Facebook Page!

Can you translate into Bahasa? I am looking for volunteers who would like to continue to make this translation available. Please contact me if you are interested.

vinaysmile

This Gestalt therapy blog is translated into multiple languages. You are welcome to subscribe

logosm1

Interested in Gestalt Therapy training?

Contact Us

Links

Career Decision Coaching

Here

and here

Lifeworks

Gestalt training and much more

http://www.depth.net.au

For Men

Here is a dedicated site for my book Understanding the Woman in Your Life

http://www.manlovesawoman.com

The Unvirtues

A site dedicated to this novel approach to the dynamics of self interest in relationship

http://www.unvirtues.com

Learn Gestalt

A site with Gestalt training professional development videos, available for CE points

http://www.learngestalt.com

We help people live more authentically

Want more? See the Archives column here

Gestalt therapy demonstration sessions

Touching pain and anger: https://youtu.be/3r-lsBhfzqY (40m)

Permission to feel: https://youtu.be/2rSNpLBAqj0 (54m)

Marriage after 50: https://youtu.be/JRb1mhmtIVQ (1h 17m)

Serafina - Angel wings: https://youtu.be/iY_FeviFRGQ (45m)

Barb Wire Tattoo: https://youtu.be/WlA9Xfgv6NM (37m)

A natural empath; vibrating with joy: https://youtu.be/tZCHRUrjJ7Y (39m)

Dealing with a metal spider: https://youtu.be/3Z9905IhYBA (51m)

Interactive group: https://youtu.be/G0DVb81X2tY (1h 57m)