lifeworksgestaltl1

Selasa, 13 Januari 2015

Case #41 - Klien yang mengganggu

Francis batuk dengan gaya yang membuat saya sangat kesal. Dia datang untuk bekerja dan saya tidak tahan - saya berkata, 'baiklah, kamu benar-benar menarik perhatian saya dengan batukmu.' Dia berkata 'ya, dia (batuk) ingin mengganggu orang'. Saya membalas 'baiklah saya terganggu dengan batukmu itu'.
Jadi kami menyelidiki aspek "mengganggu'. Saya menjelaskan bahwa ada banyak cara positif untuk mengganggu orang, sebagai contoh: komedian. Dan revolusioner. Dan orang yang mengganggu status quo dalam sebuah grup-mereka pun dibutuhkan. Saya ingin menjelaskan 'mengganggu' dengan cara lain, untuk memperluas akalnya berdasarkan beberapa pilihan yang tersedia untuknya.
Saya mengajaknya untuk 'mengganggu' beberapa orang dalam sebuah grup. Dia mencubit pipi seseorang dan kemudian dia berbaring di kaki orang lain.
Ini adalah aksi lucu yang ia perlihatkan secara spontan, dan segera memberikan dia akal untuk 'mengganggu' dengan cara yang berbeda-beda.
Saya menanyakan tentang keadaannya - yang mengganggu dalam keluarganya. Ia berkata bahwa ia baru saja mengetahui bahwa ibunya memiliki selingkuhan. Setelah saya telusuri lebih dalam, ternyata ayahnya juga telah melakukan perselingkuhan selama beberapa tahun.
Ini jelas mengganggunya, tapi saya tidak mau terlalu banyak mencampuri urusan tentang apa yang orang tuanya lakukan. Dia berkata bahwa dia merasa bersalah... ibunya berselingkuh karena salahnya, karena ia pindah dari rumah. Saya berkata, "baiklah, perbuatan ibumu bukanlah tanggung jawabmu."
Saya ingin kembali terfokus kepada dia. Jadi saya berkata, "kamu menatap saya dengan sangat fokus - sekarang kamu mendapatkan perhatian saya". Dia berkata bahwa ada sesuatu yang hilang saat ia tumbuh dewasa - orang tuanya sangat sibuk dengan masalah dan konflik mereka masing-masing sehingga ia tidak mendapatkan perhatian yang cukup. Semakin dia melakukannya, hal itu semakin reaktif. Dia ingin mendapatkan perhatian penuh kasih, bukan perhatian yang sekedarnya. Saya menyimpulkan bahwa, perhatian yang negatif untuk anak-anak itu lebih baik daripada tidak ada perhatian sama sekali... Dengan melakukan hal ini, saya mengakui bahwa dimanapun ada pilihan untuk menjadi 'mengganggu' dalam kehidupan dewasanya untuk mendapatkan perhatian, bahkan jika perhatian yang ia dapatkan bukan perhatian yang baik.
Saya memintanya untuk memperhatikan di awal apa yang dapat menarik perhatian saya, dan perhatian grup. Dia  mencatat perubahan kecil dalam perhatian kelompok - beberapa orang merasa terganggu. Saya bisa melihat bagaimana dia membiasakan diri dengan perhatian yang langsung dan dinamis dari grup.
Jadi, saya berkata "Oke, saya ingin kamu benar-benar hadir dengan perhatian yang saya berikan sekarang". Kami duduk untuk sementara. Saya memberitahu bahwa saya merasa datar... biasanya hal ini terjadi pada saya, eksperimen kreatif, berwawasan, sadar. Saya merasa sangat datar dengan dia, seperti sebuah tanah kosong.
Jadi saya melaporkan itu dan dia berkata 'ya', dia mendapatkan umpan balik dari suaminya dan yang lainnya... dan dia juga merasa datar.
Jadi saya mengakui ruang yang kami bagi bersama ini, dalam sebuah momen Aku-Anda (I-thou). Momen ini adalah adalah momen keintiman dan hubungan dipahami dengan penuh perasaan. Tapi kualitas dari apa yang dibagi di sini adalah salah satu kekurangannya. Saya berkata, "ini sulit untuk saya, saya kehilangan semua kreativitas saya, saya tidak terbiasa seperti ini". Dia terpacu - menyukai kreativitas kata.
Dia berkata, "Aku ingin melakukan sesuatu yang berani dan dapat mengganggu anda". Saya memintanya untuk meneruskannya. Dia mencium pipi saya. Saya berkata, "Ah, sebuah cipratan warna".
Itu adalah sebuah momen kontak yang jelas, dalam konteks berbagi secara mendalam. Hasilnya, ada perubahan yang signifikan di dalam dirinya, ada sesuatu yang terbebaskan.
Ini adalah hasil proses non-linear dengan mengikuti alur kesadaran sebagai bagian di antara kita- tema perhatian dan gangguan. Di Gestalt kami tidak sepenuhnya bekerja secara linear/ tujuan difokuskan seperti aliran sungai, bergerak seperti saat ini, membenamkan diri kami ke dalam fenomena klien, dan memberi tahu respon kami. Hasil akhir adalah penyatuan yang disebut sebagai perwujudan wawasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Who is this blog for?

These case examples are for therapists, students and those working in the helping professions. The purpose is to show how the Gestalt approach works in practice, linking theory with clinical challenges.

Because this is aimed at a professional audience, the blog is available by subscription. Please enter your email address to receive free blog updates every time a new entry is added.

Gestalt therapy sessions

For personal therapy with me: www.qualityonlinetherapy.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Bahasa:

HOME

Informed Consent & Rates

Gestalt Therapy Defined

PAYMENTS

OTHER STUFF

Links

Book:Advice for Men about Women

BLOGS

English

Bahasa

Čeština

Deutsch

Español

Français

Greek ελληνικά

Hindi हिंदी

Magyar

Melayu

Italiano

Korean한국의

Polski

Português

Română

Russian Русский

Serbian српски

Chinese 中文

Japanese 日本語

Arabic العربية

English Bahasa České Deutsch Español Filipino Français ελληνικά हिंदी Magyar Melayu Italiano 한국의 Polski Português Română Русский српски 中文 日本語 العربية

If you are interested in following my travels/adventures in the course of my teaching work around the world, feel free to follow my Facebook Page!

Can you translate into Bahasa? I am looking for volunteers who would like to continue to make this translation available. Please contact me if you are interested.

vinaysmile

This Gestalt therapy blog is translated into multiple languages. You are welcome to subscribe

logosm1

Interested in Gestalt Therapy training?

Contact Us

Links

Career Decision Coaching

Here

and here

Lifeworks

Gestalt training and much more

http://www.depth.net.au

For Men

Here is a dedicated site for my book Understanding the Woman in Your Life

http://www.manlovesawoman.com

The Unvirtues

A site dedicated to this novel approach to the dynamics of self interest in relationship

http://www.unvirtues.com

Learn Gestalt

A site with Gestalt training professional development videos, available for CE points

http://www.learngestalt.com

We help people live more authentically

Want more? See the Archives column here

Gestalt therapy demonstration sessions

Touching pain and anger: https://youtu.be/3r-lsBhfzqY (40m)

Permission to feel: https://youtu.be/2rSNpLBAqj0 (54m)

Marriage after 50: https://youtu.be/JRb1mhmtIVQ (1h 17m)

Serafina - Angel wings: https://youtu.be/iY_FeviFRGQ (45m)

Barb Wire Tattoo: https://youtu.be/WlA9Xfgv6NM (37m)

A natural empath; vibrating with joy: https://youtu.be/tZCHRUrjJ7Y (39m)

Dealing with a metal spider: https://youtu.be/3Z9905IhYBA (51m)

Interactive group: https://youtu.be/G0DVb81X2tY (1h 57m)