lifeworksgestaltl1

Selasa, 20 Januari 2015

Case #42 - Aman dan Tidak Aman

Yasmin baru saja bercerai. Dia berkata bahwa dia ingin menjadi dewasa dan tinggal terpisah dari orang tuanya. Matanya berkaca-kaca, saya mengamati dan mencatat sambil ia menceritakan berbagai hal tentang dia dengan syal berwarna yang melingkari lehernya.
Yasmin berkata - 'Saya merasa aman dengan anda'. Saya menjawab - 'dalam beberapa keadaan, itu adalah sebuah proyeksi, karena saya adalah saya - saya merasa aman dalam segala keadaan, dan pada beberapa keadaan saya  akan merindukan anda dan oleh karena itu tidak terlalu aman". Dia merasa ini kurang enak untuk didengar, hal ini mengingatkannya pada kesulitannya dengan ayahnya, dan dia perlu untuk mengklarifikasi batas dengan ayahnya ketika dia merasa bingung dan tidak mendapatkan kejelasan.
Dia berkata dia merasa dihargai oleh saya... dan itu adalah sesuatu yang dia butuhkan. Dia bercerita tentang kesulitannya yang dilihat sebagai individu yang terpisah dari orang tuanya, dan kesulitannya di masa lalu dengan orang tuanya yang hanya menyayanginya saat kondisi tertentu, sebagai gadis baik.
Saya duduk bersamanya, saya mengakui saya dapat melihat sisi kekanak-kanakan dalam dirinya, ingin diterima, ingin didukung dan ingin diperhatikan; pada saat yang bersamaan, sisi dewasa dalam dirinya ingin dan butuh untuk dihormati, mencari jati diri untuk menjadi dirinya sendiri.
Dua sisi ini sudah bergerak secara mendalam untuknya, untuk dilihat dan untuk dilakukan pada waktu yang sama. Ini adalah salah satu momen yang berkaitan dengan konsep Aku-Anda (I-thou). Saya berbicara tentang bagaimana dalam tempat ini di mana saya merasa nyaman, tidak tertekan dan merasa ada, saya memang bisa menciptakan kondisi yang terasa aman untuknya sehingga ia dapat merasa ada, didukung dan sebagainya - mendorong untuk pindah ke kehidupannya sendiri sehingga kita dapat bertemu sebagai dua orang yang setara.
Hal ini membuatnya terombang-ambing dalam segala hal. Saya berbicara kepadanya sebagai orang dewasa, mengetahui batasan antara kita berdua, dan  menghubungkannya sebagai dua orang yang sama-sama mencari. Lalu saya memintanya untuk berbicara dari sisi anak, untuk mengetahui apa yang dia inginkan dari saya.
Dia berkata bahwa hal yang dia inginkan dari ayahnya adalah pengakuan bahwa dia penting untuk ayahnya. Saya berkata bahwa saya senang dapat berganti menjadi 'mode' ayah - saya juga memiliki anak perempuan...dan saya dapat berbicara kepadanya. Jadi, saya berbicara 'sebagai' ayahnya, menjelaskan kepadanya bahwa ia sangat penting untuk saya.
Kemudian dia ingin mendengar bahwa ia disayangi lebih dari apapun. Saya mengatakan hal itu berulang-ulang, meskipun saya mungkin tidak setuju dengan pilihan yang sudah ia buat, bahkan tidak seperti bagian dari dirinya bahwa dasar fundamental dari sebuah hubungan kekeluargaan adalah hubungan cinta.
Dalam hal ini, saya bisa merespon kebutuhan mendalam yang ia cari di tempat ini. Berdasarkan prinsip alami dari proses terapi, saya sebenarnya bukanlah ayahnya, tapi dampaknya hampir sama.
Ini adalah hasil dari pembangunan kekuatan dan relasi mendalam dalam proses terapi, yang di dalamnya mengizinkan penggunaan kalimat khusus untuk  pasien demi mendapatkan efek yang transformatif.
Dia merasa lebih lepas dan mampu untuk membawa sisi dewasa dan anak-anaknya secara bersamaan dalam dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Who is this blog for?

These case examples are for therapists, students and those working in the helping professions. The purpose is to show how the Gestalt approach works in practice, linking theory with clinical challenges.

Because this is aimed at a professional audience, the blog is available by subscription. Please enter your email address to receive free blog updates every time a new entry is added.

Gestalt therapy sessions

For personal therapy with me: www.qualityonlinetherapy.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Bahasa:

HOME

Informed Consent & Rates

Gestalt Therapy Defined

PAYMENTS

OTHER STUFF

Links

Book:Advice for Men about Women

BLOGS

English

Bahasa

Čeština

Deutsch

Español

Français

Greek ελληνικά

Hindi हिंदी

Magyar

Melayu

Italiano

Korean한국의

Polski

Português

Română

Russian Русский

Serbian српски

Chinese 中文

Japanese 日本語

Arabic العربية

English Bahasa České Deutsch Español Filipino Français ελληνικά हिंदी Magyar Melayu Italiano 한국의 Polski Português Română Русский српски 中文 日本語 العربية

If you are interested in following my travels/adventures in the course of my teaching work around the world, feel free to follow my Facebook Page!

Can you translate into Bahasa? I am looking for volunteers who would like to continue to make this translation available. Please contact me if you are interested.

vinaysmile

This Gestalt therapy blog is translated into multiple languages. You are welcome to subscribe

logosm1

Interested in Gestalt Therapy training?

Contact Us

Links

Career Decision Coaching

Here

and here

Lifeworks

Gestalt training and much more

http://www.depth.net.au

For Men

Here is a dedicated site for my book Understanding the Woman in Your Life

http://www.manlovesawoman.com

The Unvirtues

A site dedicated to this novel approach to the dynamics of self interest in relationship

http://www.unvirtues.com

Learn Gestalt

A site with Gestalt training professional development videos, available for CE points

http://www.learngestalt.com

We help people live more authentically

Want more? See the Archives column here

Gestalt therapy demonstration sessions

Touching pain and anger: https://youtu.be/3r-lsBhfzqY (40m)

Permission to feel: https://youtu.be/2rSNpLBAqj0 (54m)

Marriage after 50: https://youtu.be/JRb1mhmtIVQ (1h 17m)

Serafina - Angel wings: https://youtu.be/iY_FeviFRGQ (45m)

Barb Wire Tattoo: https://youtu.be/WlA9Xfgv6NM (37m)

A natural empath; vibrating with joy: https://youtu.be/tZCHRUrjJ7Y (39m)

Dealing with a metal spider: https://youtu.be/3Z9905IhYBA (51m)

Interactive group: https://youtu.be/G0DVb81X2tY (1h 57m)