lifeworksgestaltlogobase

About Me

Foto saya

I teach and practice Gestalt therapy, Career decision coaching, and Family Constellations work. As well as Australia, I teach workshops and training in China, Japan, Korea, the USA & Mexico. I am author of Understanding The Woman In Your Life, a book of advice for men about relationships with women. In my work as director of Lifeworks I provide therapy,  training and supervision. I am a Phd candidate, studying the interpersonal dynamics of power, and am currently director of an MA in Spiritual Psychology for Ryokan College, an accredited online institution based in LA.

Jumat, 03 April 2015

Case #50 - Berbicara pada bantal : membahas tentang dukungan

Mark mulai membahas beberapa topik, tapi tidak satupun yang terlihat menarik. Situasi pekerjaannya saat ini adalah sedang dalam masa transisi - dia sebelumnya bekerja dengan ayahnya, tapi kemudian berhenti. Dia punya beberapa bisnis, tapi tidak ada yang benar-benar menguntungkan. Dia sudah menikah selama tiga tahun, dan siap untuk memiliki anak. Saya memberikan berbagai macam komentar dan melakukan berbagai macam pengamatan - misalnya aliran suara yang keluar dari mulutnya.
Tampaknya tidak ada yang benar-benar menjadi masalah serius. Jadi saya bertanya tentang pernikahannya. Dia bilang tidak ada masalah, dan dia merasa bahagia dengan pernikahannya.
Selagi ini merupakan sebuah indikator yang baik, saya tertarik untuk menggali lebih dalam tentang hal ini. Dalam teori Gestalt kami selalu tertarik  untuk berpindah dari pandangan umum ke informasi yang lebih spesifik tentang suatu hal, karena dengan begitu kami bisa melakukan kontak.
Dia sulit menjawabnya. Saya bertanya tentang perasaannya, dan sekali lagi dia sulit menjelaskannya.
Jadi saya memutuskan kalau kesulitannya menjelaskan sesuatu berkaitan dengan kesulitannya dalam menguasai perasaannya.
Jadi saya menyarankan sebuah eksperimen - berkeliling dan melihat anggota lain di dalam kelompok, satu per satu, dan bagaimana perasaannya ketika melihat masing-masing dari mereka.
Dia mulai mengatakan pengalamannya pada saya, dengan cara yang cukup jelas. Jadi ternyata dia punya kemampuan untuk mengidentifikasi pengalamannya dalam menjalin suatu hubungan, tapi mungkin dia butuh dorongan dan lingkungan yang mendukung-  sesuatu yang bisa ia yakini.
Jadi saya memberikan contoh kalimat yang perlu ia katakan untuk menjelaskan pengalamannya tadi : 'Ketika saya melihat anda, saya merasa _____'.
Ini terdengar sangat sederhana, tapi penting sebagai awal yang memungkinkan dia mengatasi kesulitannya dalam mengidentifikasi perasaannya, dan sepertinya ini adalah cara yang tepat, sekali lagi untuk bagian awal. Apa yang saya lakukan adalah memintanya menjelaskan pengalamannya, yaitu tentang apa yang dia rasakan ketika melihat masing-masing dari anggota kelompok tadi, dan mengutarakannya secara langsung pada mereka. Dalam teori Gestalt, kami selalu bergerak dan bekerja dengan hal yang dipandang sebagai hubungan.
Jadi dia melakukannya dengan beberapa orang, setiap waktu, dengan artikulasi kalimat yang cukup jelas.
Sekali lagi, ini menunjukkan bahwa dia hanya perlu lingkungan yang mendukung untuk melakukan hal tersebut.
Jadi selanjutnya, saya menggunakan bantal, memposisikan bantal seolah-olah sebagai istrinya, dan memintanya untuk berbicara pada bantal tersebut, dengan kalimat yang serupa : 'ketika saya melihat ____ di dalam dirimu, saya merasa____'
Dia melakukan ini beberapa kali, dengan artikulasi kalimat yang jelas. Saya mengakui apa yang dia lakukan, memberikannya dorongan, dan mengamati bahwa dia memang punya kemampuan untuk mengidentifikasi perasaannya dan berkomunikasi dengan orang lain.
Saya berpikir dia mungkin hanya perlu berlatih dengan baik, dengan cara yang tidak memaksa. Dia setuju.
Lalu saya memintanya untuk melakukan hal serupa dengan yang dilakukannya pada bantal tadi, kali ini dengan ayahnya.
Saya menunjukkan kalau dukungan sepertinya merupakan kunci dari masalah ini, dan memintanya sekali lagi melakukan kegiatan 'berbicara dengan bantal' - pertama dengan istrinya, lalu sekarang dengan ayahnya - beritahu pada mereka, 'ketika kau melakukan ___, saya merasa ___, dan saya ingin ___ dukungan darimu'.
Ini sangat berharga baginya, membuatnya bisa melakukan klarifikasi tentang detail dari sejumlah masalah, dan dia mengatakan kalau dia merasa yakin pada akhirnya.
Ini merupakan contoh yang baik dari eksperimen yang berorientasi pada perilaku, yang menyatukan perasaan, kontak, keterbukaan, dan dukungan. Semua itu adalah elemen utama dalam teori Gestalt, dan sebuah sesi terapi seperti tadi bisa sangat berharga karena hampir terlihat seperti sebuah proses pelatihan.
Tepatnya, aspek ini juga bisa sesuai dengan pendekatan Gestalt. Yang paling utama adalah bahwa ini semua bukanlah sebuah formula, dan diterapkan pada orang tertentu saja, sesuai dengan jenis proses yang dibutuhkannya, dan pada waktu tertentu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Who is this blog for?

These case examples are for therapists, students and those working in the helping professions. The purpose is to show how the Gestalt approach works in practice, linking theory with clinical challenges.

Because this is aimed at a professional audience, the blog is available by subscription. Please enter your email address to receive free blog updates every time a new entry is added.

Gestalt therapy sessions

For personal therapy with me: www.qualityonlinetherapy.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Bahasa:

HOME

Informed Consent & Rates

Gestalt Therapy Defined

PAYMENTS

OTHER STUFF

Links

Book:Advice for Men about Women

BLOGS

English

Bahasa

Čeština

Deutsch

Español

Français

Greek ελληνικά

Hindi हिंदी

Magyar

Melayu

Italiano

Korean한국의

Polski

Português

Română

Russian Русский

Serbian српски

Chinese 中文

Japanese 日本語

Arabic العربية

English Bahasa České Deutsch Español Filipino Français ελληνικά हिंदी Magyar Melayu Italiano 한국의 Polski Português Română Русский српски 中文 日本語 العربية

If you are interested in following my travels/adventures in the course of my teaching work around the world, feel free to follow my Facebook Page!

Can you translate into Bahasa? I am looking for volunteers who would like to continue to make this translation available. Please contact me if you are interested.

vinaysmile

I publish this blog twice a week. It is translated into multiple languages. You are welcome to subscribe

logosm1

Interested in Gestalt Therapy training?

Contact Us

Links

Career Decision Coaching

Here

and here

Lifeworks

Gestalt training and much more

http://www.depth.net.au

For Men

Here is a dedicated site for my book Understanding the Woman in Your Life

http://www.manlovesawoman.com

The Unvirtues

A site dedicated to this novel approach to the dynamics of self interest in relationship

http://www.unvirtues.com

Learn Gestalt

A site with Gestalt training professional development videos, available for CE points

http://www.learngestalt.com

We help people live more authentically

Want more? See the Archives column here

Gestalt therapy demonstration sessions

Touching pain and anger: https://youtu.be/3r-lsBhfzqY (40m)

Permission to feel: https://youtu.be/2rSNpLBAqj0 (54m)

Marriage after 50: https://youtu.be/JRb1mhmtIVQ (1h 17m)

Serafina - Angel wings: https://youtu.be/iY_FeviFRGQ (45m)

Barb Wire Tattoo: https://youtu.be/WlA9Xfgv6NM (37m)

A natural empath; vibrating with joy: https://youtu.be/tZCHRUrjJ7Y (39m)

Dealing with a metal spider: https://youtu.be/3Z9905IhYBA (51m)

Interactive group: https://youtu.be/G0DVb81X2tY (1h 57m)