lifeworksgestaltlogobase

About Me

Foto saya

I teach and practice Gestalt therapy, Career decision coaching, and Family Constellations work. As well as Australia, I teach workshops and training in China, Japan, Korea, the USA & Mexico. I am author of Understanding The Woman In Your Life, a book of advice for men about relationships with women. In my work as director of Lifeworks I provide therapy,  training and supervision. I am a Phd candidate, studying the interpersonal dynamics of power, and am currently director of an MA in Spiritual Psychology for Ryokan College, an accredited online institution based in LA.

Jumat, 17 April 2015

Case #52 - Gadis pesta

Martin menjalin sejumlah hubungan di dalam hidupnya. Pada umurnya yang ke-50 di masih menjalin hubungan yang sangat intensif, tapi tanpa memiliki anak.
Dia selalu tertarik pada 'gadis pesta'. Pada akhirnya, meskipun dia berusaha keras dalam menjalani hubungan, dia sadar bahwa dia tidak bisa mempertahankan semua hubungan yang dijalaninya, sampai hubungan yang terakhir dia jalin.
Dia merasa senang sekarang...meskipun pasangannya saat ini suka minum dan berfoya-foya. Ketika dia menikmati hal ini, terkadang dia merasa kalau hal ini agak berlebihan, dan dia seringkali ingin pergi dari suatu acara perkumpulan lebih cepat dari pasangannya.
Dengan begitu dia mengetahui dirinya minum lebih sedikit dari yang dia inginkan pada saat itu.
Ketika berbicara tentang hal-hal seperti alkohol, dan pola hubungan, akan lebih baik jika melihat pada gambaran yang lebih besar. Apa yang disebut dengan konsep 'lapangan'. Konstelasi keluarga memiliki pengaruh dalam hal ini setiap saat, tapi ada banyak cara yang berbeda untuk masuk ke dalam dimensi masalah seperti ini. Dalam terapi individual, terdapat sejumlah tempat di mana terdapat sebuah indikasi yang kuat yang membuat anda perlu memperhatikan konteks yang lebih besar.
Jadi saya bertanya tentang orang tua dan kakek-neneknya. Orang tuanya dalam keadaan baik-baik saja.
Ibu dari ayahnya berubah menjadi orang yang sangat senang melakukan petualangan. Dia bepergian ke banyak tempat, dan menikah pada umur yang sudah cukup tua. Dia adalah orang populer jika dilihat secara sosial, tapi tidak selalu menjadi ibu yang baik. Jadi pengalamannya akan kasih sayang orang tua lebih banyak datang dari ayahnya, yang kondisinya lebih stabil.
Martin tidak pernah terhubung pada titik masalah, tapi yang menjadi jelas baginya saat ini adalah bahwa dia tertarik pada wanita yang bersemangat tapi tidak stabil.
Tugas yang harus dilakukan adalah membawa masalah ini ke masa sekarang untuk diselesaikan. Saya menaruh kursi untuk merepresentasikan 'gadis pesta' yang dimaksud olehnya, dan memintanya untuk mengenali perasaannya. Perasaannya campur aduk - tertarik, tapi juga merasa kesakitan, jika berkaca dari sejarah hubungannya. Saya bertanya padanya tentang apa yang membuatnya tertarik ketika berhadapan dengan wanita seperti ini.
Dia menyadari sejumlah hal - kekagumannya, kemarahannya, dan perasaan hampa yang ada dalam dirinya. Saya memintanya untuk mengidentifikasi di bagian mana dia merasakan ketiga hal tersebut. Dia bilang ada sesuatu yang membuatnya merasa sesak, letaknya di bagian dada.
Dia mengatakan kalau inilah yang sebenarnya dia rasakan ketika pasangannya mulai minum terlalu banyak - semacam sikap panik atau rasa takut. Biasanya pada titik seperti itu dia akan memarahi pasangannya itu, atau tidak mengatakan apapun, dan kemudian marah.
Jadi saya memintanya untuk tetap menjaga perasaan tersebut, dan mengatakan sesuatu pada pasangannya, yang sedang duduk di kursi.
Ini sangat suit baginya - dia merasa tidak nyaman, dan berbicara seperti yang saya minta.
Lalu saya bertukar tempat dengannya, duduk di kursi dan berbicara seolah ia adalah pasangannya sendiri. Dalam posisi tersebut, dia merasa ingin berontak, tidak ingin diajari untuk melakukan sesuatu, dan bilang 'jika anda peduli pada saya, harusnya anda memberikan saya kebebasan, daripada berusaha mengontrol saya'.
Entah kenapa ini terdengar tidak asing bagi Martin - dia pernah mendengar pasangannya berkata seperti yang dikatakannya tadi.
Lalu saya memintanya untuk duduk di dekat saya, dan bertanya tentang bagian dirinya yang ingin memberontak. Dalam teori Gestalt kami tertarik pada polaritas, dan khususnya pada polaritas yang tidak bisa dikendalikan, dan seringkali dikaitkan dengan pasangan.
Dia tidak berpikir seperti ingin memberontak - pasangannya lah yang berpikir seperti itu.
Saya bertanya padanya, jika dia benar-benar merasa bebas, hal apa yang mungkin dia lakukan jika dia ingin memberontak.
Dia mengidentifikasi bagaimana perasaannya tentang perilaku bosnya di kantor yang terkesan mengontrol dirinya, dan tidak pernah mengatakan apapun.
Jadi saya menyarankan padanya untuk duduk bersama dengan bosnya, dan mengatakan sesuatu sebagai bentuk pemberontakan pada bosnya itu. Dengan begitu, dia merasakan banyak kebebasan, dan bebannya berkurang.
Kami mengulangi hal ini dengan melakukan sejumlah skenario berbeda, dan setiap kali dia menemukan kelegaan ketika hendak mengatakan sesuatu yang terkesan memberontak - maka berlaku pepatah 'anak baik'.
Dia merasa lebih kuat dan bersemangat.
Ini baru satu langkah, dari keseluruhan sesi terapi, tapi langkah ini sudah menunjukkan bagaimana seharusnya kita memproyeksikan diri - kepada orang lain - menyimpan energi yang sebenarnya akan berguna bagi kita untuk mencari lebih banyak keseimbangan dan gairah - yang merupakan tujuan dari terapi Gestalt.





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Who is this blog for?

These case examples are for therapists, students and those working in the helping professions. The purpose is to show how the Gestalt approach works in practice, linking theory with clinical challenges.

Because this is aimed at a professional audience, the blog is available by subscription. Please enter your email address to receive free blog updates every time a new entry is added.

Gestalt therapy sessions

For personal therapy with me: www.qualityonlinetherapy.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Bahasa:

HOME

Informed Consent & Rates

Gestalt Therapy Defined

PAYMENTS

OTHER STUFF

Links

Book:Advice for Men about Women

BLOGS

English

Bahasa

Čeština

Deutsch

Español

Français

Greek ελληνικά

Hindi हिंदी

Magyar

Melayu

Italiano

Korean한국의

Polski

Português

Română

Russian Русский

Serbian српски

Chinese 中文

Japanese 日本語

Arabic العربية

English Bahasa České Deutsch Español Filipino Français ελληνικά हिंदी Magyar Melayu Italiano 한국의 Polski Português Română Русский српски 中文 日本語 العربية

If you are interested in following my travels/adventures in the course of my teaching work around the world, feel free to follow my Facebook Page!

Can you translate into Bahasa? I am looking for volunteers who would like to continue to make this translation available. Please contact me if you are interested.

vinaysmile

I publish this blog twice a week. It is translated into multiple languages. You are welcome to subscribe

logosm1

Interested in Gestalt Therapy training?

Contact Us

Links

Career Decision Coaching

Here

and here

Lifeworks

Gestalt training and much more

http://www.depth.net.au

For Men

Here is a dedicated site for my book Understanding the Woman in Your Life

http://www.manlovesawoman.com

The Unvirtues

A site dedicated to this novel approach to the dynamics of self interest in relationship

http://www.unvirtues.com

Learn Gestalt

A site with Gestalt training professional development videos, available for CE points

http://www.learngestalt.com

We help people live more authentically

Want more? See the Archives column here

Gestalt therapy demonstration sessions

Touching pain and anger: https://youtu.be/3r-lsBhfzqY (40m)

Permission to feel: https://youtu.be/2rSNpLBAqj0 (54m)

Marriage after 50: https://youtu.be/JRb1mhmtIVQ (1h 17m)

Serafina - Angel wings: https://youtu.be/iY_FeviFRGQ (45m)

Barb Wire Tattoo: https://youtu.be/WlA9Xfgv6NM (37m)

A natural empath; vibrating with joy: https://youtu.be/tZCHRUrjJ7Y (39m)

Dealing with a metal spider: https://youtu.be/3Z9905IhYBA (51m)

Interactive group: https://youtu.be/G0DVb81X2tY (1h 57m)