lifeworksgestaltlogobase

About Me

Foto saya

I teach and practice Gestalt therapy, Career decision coaching, and Family Constellations work. As well as Australia, I teach workshops and training in China, Japan, Korea, the USA & Mexico. I am author of Understanding The Woman In Your Life, a book of advice for men about relationships with women. In my work as director of Lifeworks I provide therapy,  training and supervision. I am a Phd candidate, studying the interpersonal dynamics of power, and am currently director of an MA in Spiritual Psychology for Ryokan College, an accredited online institution based in LA.

Jumat, 10 April 2015

Case #51 - Menghadapi hantu

Leanne mengatakan kalau dia merasa sangat takut. Dia takut pada kecoa, mudah terkejut, dan sulit tidur di malam hari, takut jika ada pencuri yang masuk ke rumahnya melalui jendela, atau hantu, atau 'monster'. Dia juga takut jika monster muncul saat ia sedang berada di perahu.
Di luar daripada itu semua, ini terdengar seperti pernyataan seorang anak kecil, jadi saya bertanya hal apa yang pernah terjadi padanya semasa kecil sehingga membuatnya sampai takut seperti itu.
Dia segera menghubungkan rasa takutnya itu dengan insiden yang menimpanya saat berumur 6 tahun. Seorang anak laki-laki, yang merupakan sahabatnya, tewas tenggelam. Jasadnya ditemukan satu jam kemudian. Anak itu dibawa ke rumah Leanne, dan orang tua anak laki-laki itu memohon pada ayah Leanne, yang merupakan seorang dokter, untuk menghidupkan kembali anak mereka. Tapi ayah Leanne tidak bisa melakukannya.
Malam itu terjadi badai, dan Leanne tidur dengan penuh ketakutan. Dia lalu bermimpi buruk, yaitu bermimpi kalau dia gagal menyelamatkan anak laki-laki itu. Da mengenal anak laki-laki itu dengan baik, dan merasa sangat sedih dengan kematian anak laki-laki itu.
Jadi, sudah jelas siapa 'hantu' yang membuatnya takut.
Saya menyarankan agar ia melawan rasa takutnya itu tapi tentunya ini juga memerlukan eksperimen - situasi yang terjadi, seberapa besar ketakutan yang dirasakannya, dan kemungkinan untuk menghadapi hal tersebut secara langsung, untuk sekali dan menuntaskan semuanya.
Jadi saya mengajukan saran yaitu saya berdiri di sampingnya, menghadap ke jendela yang terbuka. dan anggota lain dalam kelompok berdiri di belakangnya untuk memberikan dukungan. Dia kemudian akan mengundang hantu dari temannya yang meninggal itu, untuk datang di hadapannya.
Dia melakukannya, tapi dia gemetaran. Saya membiarkan dia bersandar dan memeluknya dengan erat, dan meminta anggota lain dalam kelompok untuk mendekat. Saya lalu mengarahkannya untuk berbicara dengan sang 'hantu', memberitahu pada 'hantu' itu tentang apa yang dirasakannya, apa yang sudah dialaminya, dan seberapa rindu Leanne pada 'hantu' tersebut.
Dia melakukan sesuai dengan arahan saya, meskipun itu sulit. Di sisi lain,dia mengatakan kalau dia ingin bersama dengan 'hantu' tersebut.
Saya bertanya bagaimana respon sang 'hantu', dan dia bilang kalau 'hantu' tersebut tidak menginginkan hal itu. Ini adalah hal yang penting untuk Leanne; meskipun masih ada keinginan yang tertinggal di dalam dirinya tentang kematian dan keinginan untuk dekat dengan 'hantu' tersebut.
Jadi saya memberikannya dukungan untuk terus berbicara dengan 'hantu' tersebut, mengatakan perasaannya yang sebenarnya, dan benar-benar mendengarkan respon sang 'hantu'.
Saya harus mendukungnya melalui rasa takut, dan kemudian kesedihan yang dirasakannya. Saya mengarahkan dia untuk menarik nafas panjang.
Dalam teori Gestalt kami bekerja dengan 'latar' atau dasar masalah dan dengan tarikan nafas, untuk membantu orang yang terlibat tetap bisa ,merasakan pengalamannya dan mengatur tingkat emosi yang dimilikinya. Seringkali orang-orang tidak mendapat dukungan untuk melakukan hal tersebut (melawan rasa takut), terutama ketika masih muda, jadi proses ini membuat mereka bisa bersentuhan dengan pengalaman yang telah terjadi sebelumnya, tentunya dengan cara yang lebih mudah dimengerti.
Ini sangat sulit baginya - selama 30 tahun terakhir dia hidup dengan rasa takut, dan mengalami penderitaan... yang mana hal itu justru menambah ketakutannya. Jadi sulit baginya untuk bisa merasa lega, dan juga menerima dukungan serta instruksi yang saya berikan.
Setelah beberapa waktu dia menjadi sangat tenang, mampu melepaskan kepergian 'hantu' tersebut, dan kembali menjadi dirinya sepenuhnya, dia merasa lebih baik, dan merasa kalau semua rasa takutnya telah hilang.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Who is this blog for?

These case examples are for therapists, students and those working in the helping professions. The purpose is to show how the Gestalt approach works in practice, linking theory with clinical challenges.

Because this is aimed at a professional audience, the blog is available by subscription. Please enter your email address to receive free blog updates every time a new entry is added.

Gestalt therapy sessions

For personal therapy with me: www.qualityonlinetherapy.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

© Lifeworks 2012

Contact: admin@learngestalt.com

Bahasa:

HOME

Informed Consent & Rates

Gestalt Therapy Defined

PAYMENTS

OTHER STUFF

Links

Book:Advice for Men about Women

BLOGS

English

Bahasa

Čeština

Deutsch

Español

Français

Greek ελληνικά

Hindi हिंदी

Magyar

Melayu

Italiano

Korean한국의

Polski

Português

Română

Russian Русский

Serbian српски

Chinese 中文

Japanese 日本語

Arabic العربية

English Bahasa České Deutsch Español Filipino Français ελληνικά हिंदी Magyar Melayu Italiano 한국의 Polski Português Română Русский српски 中文 日本語 العربية

If you are interested in following my travels/adventures in the course of my teaching work around the world, feel free to follow my Facebook Page!

Can you translate into Bahasa? I am looking for volunteers who would like to continue to make this translation available. Please contact me if you are interested.

vinaysmile

I publish this blog twice a week. It is translated into multiple languages. You are welcome to subscribe

logosm1

Interested in Gestalt Therapy training?

Contact Us

Links

Career Decision Coaching

Here

and here

Lifeworks

Gestalt training and much more

http://www.depth.net.au

For Men

Here is a dedicated site for my book Understanding the Woman in Your Life

http://www.manlovesawoman.com

The Unvirtues

A site dedicated to this novel approach to the dynamics of self interest in relationship

http://www.unvirtues.com

Learn Gestalt

A site with Gestalt training professional development videos, available for CE points

http://www.learngestalt.com

We help people live more authentically

Want more? See the Archives column here

Gestalt therapy demonstration sessions

Touching pain and anger: https://youtu.be/3r-lsBhfzqY (40m)

Permission to feel: https://youtu.be/2rSNpLBAqj0 (54m)

Marriage after 50: https://youtu.be/JRb1mhmtIVQ (1h 17m)

Serafina - Angel wings: https://youtu.be/iY_FeviFRGQ (45m)

Barb Wire Tattoo: https://youtu.be/WlA9Xfgv6NM (37m)

A natural empath; vibrating with joy: https://youtu.be/tZCHRUrjJ7Y (39m)

Dealing with a metal spider: https://youtu.be/3Z9905IhYBA (51m)

Interactive group: https://youtu.be/G0DVb81X2tY (1h 57m)